2016-04-28

Banyak kita ingin berinvestasi dalam jangka pendek (dapat laba cepat). Pertanyaannya, apakah bisa investasi emas memberikan keuntungan dalam jangka pendek? Saya rasa hal itu mungkin saja, bila kita melakukan investasi pada indeks emas, tapi bila kita ingin berinvestasi dalam bentuk emas fisik, hal itu sangat jarang bisa terjadi.

 

Mengapa demikian? karena perubahan harga emas secara signifikan tidak pernah terjadi dalam waktu pendek. Kenaikan emas dalam kisaran Rp. 100.000,- / gram membutuhkan waktu minimal 2 tahun (didasarkan pada trend rata-rata). Oleh karena itu, sangat sulit mendapatkan laba cepat (instan) dengan investasi emas batangan/ perhiasan.

 

Berbeda halnya bila kita berinvestasi dalam bentu indeks emas, dimana perubahan point ke point bisa terjadi dalam hitungan detik. Permasalahannya, resiko dalam investasi indeks emas sangat tinggi. Memang secara alamiah, investasi untung cepat dan besar selalu dekat dengan resiko besar.

 

Bila kita ingin investasi indek emas (forex emas), ada saran dari para pelaku lama; Jangan sekali-kali melakukan trading berdasarkan feeling, setiap transaksi jual beli indeks emas harus berdasarkan analisa ilmiah (economics) dan chart history (sejarah grafik perubahan harga emas dari masa ke masa). Dalam investasi indeks emas dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi, analisa pasar yang baik dan mengikuti perkembangan global khususnya negara-negara penghasil emas.

investasi emas batangan jangka pendek

Namun bila kita ingin berinvestasi emas dengan nyaman dan aman, maka pilihlah investasi emas batangan (fisik). Investasi emas batangan jauh dari resiko kerugian (bangkrut) walaupun hasilnya hanya bisa dinikmati dalam waktu yang cukup lama, standard hitungan kami, minimal investasi selama 5 tahun.

 

Anggaplah investasi emas batangan yang kita lakukan adalah tabungan yang jauh dari riba. Sehingga kegiatan investasi tidak terasa begitu membosankan. Memang dalam ajaran agama tetap saja dianggap sebagai kegiatan menumpuk hata, menurut saya hal itu bisa dianggap menumpuk harta sangatlah bergantung pada niat dan tujuan, sertia rutinitas si investor emas batangan dalam mengeluarkan zakat.

 

Sekilas review tentang investasi emas batangan dari author blog forum investasi. Semoga bermanfaat, selebihnya mari kita diskusikan malalui form komentar…

Label: