Langsung ke konten utama

Menentukan harga jual rumah baru

Forum investasi kali ini akan membahas cara menentukan harga jual rumah baru berdasarkan berbagai literatu Ilmiah serta pernyataan beberapa pengembang (develover). Jadi pelajaran investasi kali ini ditekankan tentang bagaimana menentukan laba dari sebuah penjualan rumah baru. Tujuannya agar kita memiliki acuan dasar saat membeli dan menjualnya kembali.

Hal yang perlu kita ketahui dalam menentukan harga jual rumah:

  1. Taksiran biaya pokok
  2. Persentase laba harapan

 

Ya hanya dua hal tersebut yang perlu kita ketahui bersama agar mampu menetapkan harga sebuah rumah yang sedang dibangun developer di suatu kawasan. Sedangkan fakto-faktor lain seperti keunikan arsitek, nilai strategis kawasan, dan lain-lain tidak perlu terlalu dipikirkan, karena sangat sulit dinilai dengan matematis sejumlah uang.

 

  1. Taksiran biaya pokok, mau tidak mau dalam hal ini kita harus sedikit belajar tentang harga-harga material, upah harian buruh bangunan, serta biaya pemasaran yang dikeluarkan pengembang. Sebab hal itu akan menjadi acuan dasar bagi develover dalam menetapkan harga jual rumah yang sedang ia bangun.

 

Jika ingin lebih sederhana coba tanya harga rumah baru sejenis yang ada di daerah tersebut. Jika tidak ada, silahkan sewa jasa konsultan atau lulusan sarjana sipil untuk menghitung biaya pokok rumah tersebut. Jangan terlalu khawatir dengan biaya konsultan, kalau kita menyewa sarjana sipil baru lulus cukup bayar 200 ribu semua laporan lengkap bakal kita terima.

 

Kok repot-repot benner, kenapa tidak tanyakan saja langsung harga rumah tersebut pada developernya? dalam bisnis properti ada istilah “ikan datang”, artinya pembeli datang langsung menyatakan minat dengan menanyakan harga. Biasanya seorang developer akan menambahkan biaya markup pada kasus seperti ini.

 

  1. Persentase laba harapan (ROI) – secara umum saat ini jarang ada pengembang yang menetapkan ROI diatas 35%, kebanyakan mereka menetapkan laba harapan penjualan rumah hanya sebesar 25%. Bila kita sudah mengetahui harga pokok rumah di sebuah kawasan tentu kita dengan mudah bisa menaksir harga jual rumah tersebut buakn. Misalkan harga pokok Rp.600.000.000,- maka rumah tersebut akan ditawarkan develover dengan harga 750 juta (ROI 25%), dan kemungkinan masih bisa ditawar hingga 700 juta.

Banyak sekali untung yang diambil developer ya? kalau kita melihat nilainya mungkin bisa saja berketa seperti itu, tapi kalau kita lihat dari sisi lama pembangunan, masa berpromosi hingga terjual maka semua pendapat tersebut akan sirna. Bayangkan mulai dari masa pembangunan hingga rumah laku terjual bisa saja makan waktu 1 tahun. Dalam setahun pengembang hanya memperoleh laba sebesar 100 juta (tergolong sangat kecil).

menentukan harga jual beli sebuah rumah

Sumber gambar:google.com

Silahkan, selanjutnya mari diskusikan tentang cara menentukan harga jual beli rumah untuk bisnis property melalui komentar di bawah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Info Jual tanah bangunan di Kota Padang – Pasaran Agen

Pasaran harga tanah di Kota Padang dapat dipantau di halaman ini. Rencananya halaman ini akan diupdate 2 kali sebulan, diawal dan dipertengahan. Jadi bila kita seorang developer ataupun bergerak di bisnis property tidak ada salahnya mem-bookmark blog forum bisnis ini.

Tujuan publikasi halaman: Untuk memudahkan semua pihak dalam bisnis properti dalam mendapatkan informasi akurat tentang pasaran harga tanah / bangunan (rumah) di Kota Padang. Disamping itu sekedar berbagi informasi sekaligus promosi kedaerahan.

Kontent mingu ini: Pasaran harga tanah/ bangunan berdasarkan harga jual tanah yang ditawarkan oleh pemilik saat ini, diantaranya yang terbaru:
Kawasan gunung pangilun (bukan di pinggiran jalan Gajah Mada), kisaran harga tanah saat ini sekitar Rp. 900.000,-/ meter. Tanag-tanah yang berada dipinggiran jalan utama G. Mada, rata-rata dijual 1 emas / meter. 1 emas = 3 gram kalau dikonversi saat ini sekitar Rp. 1 juta 5 ratus per meter.  *ketersediaan penjual: saat ini tidak …

Pengertian Investasi Jangka Pendek | Contoh | Menurut Ahli

Banyak sekali pengertian investasi jangka pendek yang bisa kita temukan di artikel-artikel online, tapi kebanyakan pengertian tersebut tidak menyebutkan sumber atau ahli (orang yang men-defenisi-kan), sehingga sulit untuk dijadikan rujukan (daftar pustaka). Kali ini saya mencoba menampilkan pengertian investasi yang bisa digunakan untuk kepentingan pendukung karya ilmiah (penelitian).

Pengertian Investasi jangka pendek menurut Ikatan Akuntan Indonesia:
Investasi lancar (jangka pendek: author) adalah; Investasi yang dapat segera dicairkan dan dimaksudkan untuk dimiliki selama satu tahun atau kurang. Pengertian seperti ini bisa anda temukan di buku Standar Akuntansi Keuangan.

Pengertian Investasi Jangka pendek menurut Lombantoruan Shopar:
Investasi jangka pendek adalah aktiva yang tingkat likuiditasnya sangat tinggi, pengertian ini bisa anda baca di buku (Akuntansi Pajak , Sophar lumbantoruan tahun 1996 halaman 161).

Itulah dua pengertian investasi jangka pendek menurut ahli…

[Share] Memilih pompa air untuk usaha

Sebenarnya memilih jenis pompa air untuk usaha sangat bergantung pada jenis usaha yang akan kita jalani. Tidak semua jenis pompa air cocok untuk mesin cuci motor, begitu juga tidak semua pompa cocok untuk keperluan rumah tangga. Misalnya saja, mesin non otomatis pasti tidak cocok untuk rumah tagga, hal ini karena untuk mematikan dan menghidupkan kita butuh kesiagaan. Berbeda halnya dengan pompa otomatis dimana dia akan hidup ketika keran dibuka dan mati ketika keran ditutup.

Setiap jenis pompa memiliki daya hisap dan dorong berbeda. Untuk tujuan usaha cuci motor lebih dibutuhkan daya dorong yang tinggi dibandingkan daya hisap. Untuk itu dibutuhkan jenis mesin yang sesuai. Ada beberapa mesin seperti merek uchida yang sering digunakan para pengusaha cuci motor.

Untuk usaha rumah kontrakan sebaiknya gunakan mesin pompa air yang hemat listrik, hal ini karena penghuni kontrakan umumnya suka menggunakan air berlebihan. Oleh itu agar usaha tetap bertahan pakailah mesin pompa air yang memerlu…