2016-02-08

 

Usaha apa yang menguntungkan dengan modal kecil? Selalu menjadi pertanyaan bagi setiap orang yang sedang kesusahan dalam financial. Sumber referensi yang didapat terkadang kurang jelas validasinya, karena ditulis oleh para blogger yang hanya mementingkan trafik, ujug-ujungnya kita yang sedang mencari ide malah tersesat. Itulah sebab utama mengapa blog forum investasi ini dipublikasikan secara public.

 PHOTO_20160208_150614

Berikut ini list usaha rumahan dengan modal kecil dari hasil tanya sana sini:

Jenis Usaha Keterangan
Ternak Puyuh Usaha ini memang bisa dijalankan dalam skala kecil, dengan proyeksi keuntungan hingga 60% . Tapi masalahnya; sebahagian daerah di Indonesia memiliki aturan tegas tentang keberadaan kandang ternak di pekarangan rumah. Dimana sangat dilarang keras membuka usaha peternakan di lingkungan pemukiman. Tapi aturan ini memiliki pengecualian untuk beberapa skala usaha ternak.
Ternak Ikan lele dalam Terpal Jenis kolam lele dengan mudah bisa dibangaun di pekarangan atau belakang rumah. Pemeliharaan lele juga lumayan lebih praktis , Kendalanya; Pasaran ikan lele sangat fluktuatif, ketika musim panen tiba harga lele bisa jatuh drastis bahkan tidak ada pembeli sama sekali.
Jasa catering Kecenderungan gaya hidup warga perkotaan adalah praktis dan simpel. Ini bisa menjadi peluang usaha, saat ini banyak sekali rumah tangga yang berlangganan jasa catering makanan ala rumahan. Selain itu jasa ini juga bisa menyasar pasar mahasiswa pondokan (anak kos). Kendala; manajemen biaya catering cenderung rumit, harga bahan produksi seperti cabe merah dan tomat tidak menentu, kadang mahal sekali kadang murah. Namun bila kita bisa pintar-pintar dalam menyetok barang bahan baku untuk membuat makanan maka usaha catering ini bisa sangat menguntungkan.
Buka jasa pembayaran berbagai rekening di rumah (ex: token listrik, bayar rekening PDAM, dan lain-lain) Termasuk usaha rumahan dengan modal kecil, permasalahannya ada pada skill calon pengusaha, selain itu usaha ini sudah barada pada persaingan tingkat tinggi.
Cucian motor Pernahkah kita pergi ke jasa cucian motor? bagaimana kondisi di sana? antri tidak? Pastinya ada antrian kan.. itu peluang usaha yang sangay bagus. Bisnis cuci motor dengan mudah bisa dibuk di pekarangan rumah, modalnya juga kecil. Paling mahal hanyalah membeli mesin pompa air.
Cleaning service panggilan Untuk menjalankan ini kita butuh kendaraan serta peralatan, terutama; vacum cleaner, dan alat sedot debu karpet. Sebab pelanggan jasa ini biasanya memesan untuk membersihkan debu yang sudah membandel.

Jangan anggap sepele dengan jasa layana clening service ini, di kota-kota besar banyak pengusaha mengambil ceruk bisnis ini.
Penjahit Usaha jahait menjahit mungkin hanya bisa dijalankan bagi orang yang memiliki skill jahit. Tapi tidak harus seperti itu, sebagai pengusaha kita bisa juga hanya menyediakan tempat sekaligus menjual bahan, dan penjahitnya kita sewa tenaga orang yang mahir menjahir (sangat banyak yg nganggur loh).
Menyediakan lahan parkir Jumlah kendaraan di Indonesia sudah luar biasa banyak, di mana-mana sulit cari tempat parkir yang aman dan nyama. Kalau lokasi rumah kita cukup strategis (dekat ke perkantoran, sekolah atau pasar) peluang bisnis lahan parkir terbuka luas.

 

Jenis usaha yang menguntungkan dengan modal kecil saya rasa lebih nyaman bila dipilih di sektor jasa.  Jika kita ngotot memilih di bidang produksi barang maka aka berbenturan dengan harga bahan baku yang tidak menentu (cenderung naik). Sehingga sulit menjaga harga jual yang bersaing.

Adapun usaha yang paling menguntungkan dengan modal kecil menurut pengalaman penulis adalah menjalankan bisnis online, disini modal utama hanya kemamuan dan ketekunan. Kalau kita mampu konsisten dalam melayani pembeli; terkait ketepatan waktu pengiriman barang, ketekunan berpromosi baik melalui social media maupun lapak-lapak online maka jangan ragu untuk terjun ke bisnis ini.

Mengapa saya mengatakan bahwa bisnis online adalah usaha yang menguntungkan dengan modal sedikit? Begini; pada dasarnya bisnis online dapat dijalankan secara rumahan oleh ibu rumah tangga sekalipun.

  1. Modalnya hanya koneksi internet, 
  2. perkara barang yang akan dijual kita tidak perlu repot-rtepot membeli stok barang, cukup survey toko-toko di pasar yang menyediakan barang dengan harga paling murah,
  3. selanjutnya promosikan barang tersebut secara online, ketika ada orang yang memesan maka mereka tentu membayar dulu baru barang akan dikirim.
  4. Uang yang dibayarkan pembeli itu bisa dijadikan untuk modal membeli barang di pasar dan mengirimnya ke pembeli melalui jasa pengiriman.

 

Bisnis online  termasuk salah satu usaha rumahan yang lagi trend, dan buakan trend sesaat seperti batu akik. Itulah beberapa macam usaha rumahan modal kecil yang bisa penulis sampaikan saat ini, sekiranya kurang jelas silahkan tanyakan melalui komentar.

Label: