2016-02-07

Berkaitan dengan bisnis yang menguntungkan dengan modal kecil mungkin akan sulit diaplikasikan di jaman inflasi tingkat tinggi seperti saat ini. Untuk itu kita perlu memikirkan bisnis apa yang paling cocok di saat harga-harga melambung tinggi. Kalau kita bergerak di sektor produksi (misalnya produksi kerupuk, kue kering dan lain sebagainya) kemungkinan besar akan sulit dijalankan, sebab harga bahan baku sangat memberatkan. Sektor usaha yang cocok adanya pada soktor distribusi.

Pertanyaannya usaha distributor apa yang bisa dijalankan dengan modal kecil tapi tetap mampu memberi keuntungan? Keuntungan yang penulis maksud disini, besarnya minimal 50.000/ hari. Saya pernah mendengar cerita seorang teman yang kerjanya menjual parfum keliling dari kantor ke kantor. Ternyata penghasilannya cukup lumayan, berdasarkan pengakuannya beliau menghasilkan laba perbulan minimal 3 juta. Ceritanya; diawal-awal bisnis jual keliling ke kantor-kantor ini memang sulit, tapi setelah terbentuk citra dan langganan maka bisnis ini sangat mudah dijalakan, seperti saat ini terkadang pelangganlah yang menghubungi beliau.

Karena usaha yang menguntungkan dengan modal kecil adanya di bidang distribusi model jemput bola, mungkin kita bisa mengembangkannya lebih jauh lagi. Tidak hanya produk parfum, kita juga bisa menawarkan jenis barang lain ke kantor-kantor misalnya; bibit tanaman, kosmetik dan lain-lain. Satu hal yang perlu dipahami, semua langkah awal pasti aka sulit. Perhatikan saja anak bayi; langkah awalnya adalah terjatuh.

Bidag usaha apa yang menguntungkan dengan modal kecil selain distribusi jemput bola? Karena penulis sendiri bergerak di bisnis online, dan sejauh ini cukup memberi penghasilan maka bidang lain yang cukup menjanjikan adalah BISNIS ONLINE. Banyak sekali ragam dari bisnis online ini, yang perlu dilakukan hanyalah memilih salah satu diantaranya dan fokus. Misalkan kita cukup mahir menggunakan sosmed seperti facebook, maka pilihlah bisnis online melalui facebook, coba perhatikan jenis teman-teman FB terkait umur, jenis kelamin dan pendidikan rata-rata, lalu simpulkan barang apa kira-kira yang cocok ditawarkan. Kalau kebanyakan teman kita adalah ibu-ibu rumah tangga maka cobalah bisnis online menjual bibit tanaman mudah-mudahan lancar dan laris.

usaha modal kecil di halaman rumah mengunntungkan 
Selain bisnis online usaha rumahan apa yang menguntungkan dengan modal kecil? Kalau kita berbicara usaha dari rumah, mungkin yang paling tepat adalah buka cucian motor dan helm, jasa ini memag sudah banyak tapi penggunanya juga sangat banyak. Sering sekali kita temukan antrian panjang saat hendak mencuci motor “bukankah itu peluang besar”. Usaha lain, menyediakan lahan parkir di halaman rumah, kalau posisi rumah kita strategis maka bisnis ini sangat menguntungkan.

Sedari tadi kita hanya berbicara tentang bisnis, bagaimana dengan investasi? Apa jenis investasi menguntungkan dengan modal 10 juta? Kalau modal anda hanya sebesar itu saya lebih menyarankan Investasi membiayai penjual sayur keliling. Atau kita bisa juga mencoba salah satu francise yang modal dasarnya dibawah 10 juta, perlu diketahui perkembangan waralaba kecil saat ini sangat kurang menggairahkan. Banyak sekali francise yang hanya bertahan buka selama 3 bulan bahkan kurang. Investasi modal kecil untung besar tidak akan pernah ada, pakailah logika akal sehat agar jangan sampai terjebak dengan investasi bodong.

Contoh usaha modal kecil  yang menguntungkan saat ini
  • Ternak burung puyuh
  • Jasa cucian motor
  • Buka warung sarapan di malam hari (jangan heran, ini memang nyata)
  • Jasa loundry
  • Bisnis online

Itulah beberapa usaha yang trendnya tetap naik sampai saat ini. Semoga tulisan singkat tentang usaha bisnis, dan investasi ini bisa membuka sedikit inspirasi.

Label: , ,